8 Jenis Esport yang Sedang Booming, Mana Favoritmu?

Untuk mengasah dan meningkatkan skill bermain, ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas game-developer.com yang sudah ada. Kebutuhan akan desain kreatif akan semakin meningkat di Industri 4.0 terutama dalam menghadapi persaingan global. Electronic sport dapat memberikan inspirasi dan ide-ide baru bagi industri kreatif yang dapat membantu meningkatkan inovasi dan kualitas produk. Selain itu, E-sports juga dapat mempengaruhi budaya dan nilai-nilai dalam Industri 4.0.

Pada game 1, PERSIS Esports berhasil menang dengan skor 3-2, lalu pada game 2 Persis Esports kembali menang dengan skor 3-1. Hasil positif ini menjadi tambahan semangat untuk menghadapi 10 tim lainnya di kompetisi Nusapay iFeLeague 1. Apabila terjadi penggunaan game secara berlebihan, produktivitas dan kesehatan mental karyawan akan mengalami penurunan. Penting untuk memastikan bahwa penggunaan game tidak mengganggu produktivitas dan kesehatan mental karyawan. Melalui jurusan ini kamu bisa memfokuskan minatmu untuk menjadi pemain eSports professional, eSports manager, eSports coach, eSports analist, broadcaster, brand ambassador, dan bahkan menjadi eSports event management. E-sports juga dapat berdampak positif pada industri kreatif, seperti film, animasi, dan desain game-developer.com.

Nah buat kamu  yang tertarik menjadikan game sebagai profesi, berikut rekomendasi jurusan-jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Tim esports asal Indonesia, ONIC Esports, berhasil menjuarai turnamen Mobile Legends Bang Bang South East Asia Cup 2019 (MSC 2019) di Smart Araneta Coliseum Manila, Filipina, Ahad, 23 Juni 2019. Mereka mengungguli 12 tim unggulan dari 9 negara peserta, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar, dan Vietnam. game-developer.com, Jakarta РBeberapa game populer kini sudah banyak ditandingkan dalam bentuk turnamen resmi, yang disebut sebagai esport atau olah raga elektronik. Meskipun sudah menjadi salah satu cabang olah raga, banyak masyarakat atau orang masih belum paham soal olahraga itu. Top Esports Cina berhasil menang, urutan kedua dan ketiga juga diraih tim asal Cina, yakni X Quest F dan Elite Gaming.

Adapun Indonesia sendiri dikabarkan mengirimkan enam atlet esports yang berasal dari tim-tim ternama, seperti Asteriskk, DeIB, Eeyore, hingga Sayoo. Rekomendasi kampus untuk jurusan ini adalah Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC)  dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI). Atlet eSports, baik yang profesional maupun rekreasional, memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih tinggi karena karakteristik kegiatan utama yang tidak lepas dari duduk berlama-lama saat bermain game game-developer.com.

Pertandingan E-sports memerlukan kerja sama tim yang kuat, keterampilan strategi yang canggih, dan konsentrasi tinggi dalam menghadapi tekanan dan tantangan. Nilai-nilai tersebut juga dapat diterapkan dalam lingkungan industri di mana kerja tim dan strategi yang kuat sangat penting. Saat itu, ada 16 tim terbaik yang bertarung di Bangkok, Thailand, dengan memperebutkan total hadiah senilai Rp 9,1 miliar. Sama dengan jenis permainannya, esport ini punya format pertandingan yang berbeda.

Piala Dunia Fortnite menjadi gebrakan pertama awal mulainya perjalanan Fortnite, game survival zombie PvE ke battle royale, merambah internasional. Game yang awalnya bernama Mobile Arena ini dibuat oleh kreator MOBA Games Private Limited. Pada 2017, komunitas Garena Indonesia menyelenggarakan turnamen bertajuk Battle of Valvor tingkat nasional dengan hadiah uang tunai total Rp 1 miliar. Meskipun tidak dikompetisikan dalam Asian Games 2018 di Indonesia, Mobile Legend direncanakan menjadi salah satu game yang akan ditandingkan dalam gelaran SEA Games 2019 di Filipina game-developer.com.